November 12, 2011

Magang, Latihan Bekerja atau Buang Tenaga?

Magang atau praktek kerja, bahasa kerennya Apprenticeship atau internship.Program ini biasanya dijumpai oleh mahasiswa yang sudah masuk di semester 6 ke atas. Pada semester ini, mahasiswa mulai mencari tempat magang dan bekerja di tempat itu selama waktu tertentu.
Buat sobat semua yang sudah sampai di titik ini, berikut ini ada sekedar tips. Tips ini sebetulnya secara khususus ditujukan untuk mahasiswa di bidang Public Relations, tetapi anak bidang studi lain boleh kog ikut mengintip. Siapa tahu ada yang bisa dipetik dari coretan ini.

Magang...Untuk Apa?
Beberapa semester di bangku kuliah, biasanya yang dijumpaioleh mahasiswa adalah belajar teori di kelas, praktek di lab, kunjungan ke perusagaan, dll. Magang tidak lagi sekedar belajar tetapi benar-benar masuk ke dunia kerja. Di tempat magang, mahasiswa diharpkan dapat merasakan langsung bekerja pada suatu perusahaan/lembaga,mengetahui lingkungan kerja yang sebenarnya dalam suatu perusahaan/lembaga,mengaplikasikan kemampuan praktik yang diperoleh di perkuliahan ke dunia kerja,dan tentu saja mengetahui proses-proses kerja  (termasuk proses kerja PR) yang terdapat di perusahaan/lembaga.
Mmmm jika dilihat dari tujuannya, program ini tentu saja sangat besar manfaatnya. Menurut penulis, manfaat dari program ini adalah penambahan wawasan bagi mahasiswa magang. Mahasiswa jadi banyak tahu seluk beluk dunia kerja, jadi tahu bagaimana sih orang bekerja itu, memiliki "mindset" baru tentang bagaimana seharusnya orang bekerja itu.
Manfaat kedua adalah pengalaman. Pengalaman baru di tempat kerja, bertemu dengan orang baru, bertemu dengan pekerjaan baru, bertemu dengan alat-alat kerja baru, bertemu dengan pekerjaan baru, bertemu dengan network dari tempat kerja yang baru, dan banyak lagi.
Manfaat terakhir yang tidak kalah penting dari program magang ini adalah Networking atau jaringan. Ya, terbayang kan PR tanpa network adalah idle atau tidak berfungsi. Bagaimana akan menjalin hubungan dengan Publik, jika kita tidak kenal siapa publik kita.
Mengenai Networking ini, bukan hanya mahasiswa PR saja yang memerlukan. Mahasiswa dari bidang atau jurusan lain pun perlu. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari jaringan. salah satu yang paling jelas di depan mata adalah cari tempat untuk objek skripsi.
Hmmm bagi yang sudah merasakan bagaimana susahnya mencari tempat penelitian untuk skripsi pasti tau tentang ini. Jadi sarannya, carilah tempat magang yang in line/sejalan dengan tempat penelitian skripsi sehingga kita tidak akan kesulitan mencari tempat lagi saat skripsi itu tiba.
Mengenai networking, menjadi orang yang bisa eksis di tempat baru adalah penting. Tapi ngomong-ngomong, eksis tu yang seperti apa ya?
Menurut penulis, pemahaman sederhana dari eksis adalah: "Jika kita ada, orang tidak mencari karena mereka tahu kita ada. saat kita tidak ada, mereka mencari kita, karena mereka perlu kehadiran dan keberadaan kita". He he he sederhana kan?
so jadilah orang yang eksis di tempat magang.
Caranya? jadilah orang yang mau memulai percakapan dan memperkenalkan diri, punya inisiatif tinggi, rendah hati dan mau membantu.
Kemana Ya?
Nah, ini adalah bagian yang tidak boleh terlewatkan. Pertanyaan kemana adalah langkah awal bagi seseorang yang magang. ya iya dunk..kalau ga dapat tempat untuk magang, mau magang dimana coba?
Bagi yang sangat optimis: kita boleh magang dimana pun yang kita mau, kita mimpikan tetapi ingat kita harus realistis dalam memilih. Bagi yang sangat pesimis..duh jangan pesimis ya. Coba lihat tabel di bawah ini. Begituuuuu banyak perusahaan di jakarta dan di indonesia kita tercinta ini. Mana lah mungkin tidak ada satu pun yang nyangkut?!
Kalau sobatbloggy ku berasal dari daerah, apa salahnya cari info tentang perusahaan di daerah asal. Lumayan kan sambil magang, sambil mengunjungi kampung halaman. Terlebih lagi, biasanya perusahaan daerah pasti akan "welcome" pada Putra Putri daerahnya. Siapa tahu setelah magang ditawari pekerjaan. Mmmm alangkah senangnya!
Tips dari penulis untuk memilih tempat magang adalah PASSION. Passion atau keinginan atau bisa dikatakan mimpi. Tanya pada dirimu, sebetulnya mimpi mu tuh mau bekerja di bidang apa sih? Kejar dan wujudkan mimpimu ya.
Tambahan tips untuk sobat bloggy dari bidang PR adalah: Cari tempat yang ada PR nya. Tempat yang ada PR nya mudah-mudahan akan mempermudah kita mengenali pekerjaan PR. tempat yang ada PR nya saja belum cukup sebetulnya. Carilah tempat yang memang memiliki aktifitas PR yang beragam.
Aktifitas PR apa aja tuh? he he he...ini pelajaran semester satu atau dua sebetulnya, tapi bolehlah kita ingat kembali. Aktifitas PR meliputi: publisitas, segala bentuk relations (internal maupun eksternal),event management, Integrated Marketing Communication,fund raising,manajemen isu dan krisis, diplomasi dan negosiasi, dll.
Selain kedua hal tadi, yang tidak kalah penting dalam mencari tempat magang adalah: Carilah tempat yang multi kultur. Semakin kaya budaya yang ada di sebuah organisasi maka dinamika komunikasi organisasi akan semakin berwarna, dan sobat bloggy ku akan banyak memperoleh manfaat dari tempat yang bercorak seperti ini.
Mungkin ada pertanyaan. Organisasi yang multi kultur tuh yang seperti apa sih. Secara sederhana dijawab dengan definisi tunjuk...Cari saja tempat magang yang multi nasional(perusahaan yang bermodalkan separo Indonesia dan separo asing) atau perusahaan internasional(full bermodalkan asing).Sorry ya saya tidak bisa menyebut nama, nanti dikira promosi he he he he
Magang (PR) = Membosankan = Tidak ada Kerjaan...Betulkah Mitos itu?
Mudah-mudahan jika mencari tempat magang yang tepat seperti di atas, semua itu hanyalah tinggal mitos belaka.
Tapi seandainya, kita menemui kondisi seperti itu, lalu apa yang harus kita lakukan?
Jawabannya: "JUAL DIRI"
Uups apa itu? Yup, jual diri maksudnya adalah kita menawarkan kemampuan yang kita punya. Misalnya untuk anak-anak PR, tawarkan saja selama magang membantu hal-hal seperti dokumentasi foto. Mulai dari mengumpulkan foto-foto lama dan didokumentasikan, mengambil foto baru yang sesuai dengan angel PR,dst.
Tawarkan juga monitoring media, mengelola event, mengelola media internal baik yang printed maupun yang berbasis cyber. Tawarkan juga menulis press release,menyusun data kontak media dan masih banyak aktifitas lain yang sobat bloggy ku kuasai.
Akan lebih baik, jika semua itu dipersiapkan sebelum magang. Sambil mencari tempat magang, tanyakan kepada institusi itu apa yang mereka perlukan. Lebih mudah bekerja dan "masuk" melalui kebutuhan mereka. Tanya kepada mereka, apa sebetulnya sisi PR yang mereka belum punya atau yang selama ini belum tertangani. Buatlah proposal singkat tapi padat.Perkenalkan siapa anda, apa tujuan anda magang, apa manfaat anda untuk mereka dan apa saja yang mau anda lakukan.
Dalam rangka menjual diri, kita harus mampu menjadi orang yang dipercaya bahkan perlu menjadi diri yang mampu memotivasi orang atau perusahaan untuk lebih mengenal dunia PR.
Baiklah sobat bloggy ku. Itu saja Tips sederhana yang saya bisa bagikan. Mudah-mudahan berguna, dan saya tunggu komen dan diskusinya ya!
“All our dreams can come true, if we have the courage to pursue them”



0 komentar:

Posting Komentar